Simulasi Arah Gerak Tumpahan Minyak di Alur Pelayaran Barat Surabaya dari Hasil Model Hidrodinamika

Movement Simulation of Oil Spill Impact in West Surabaya Shipping ChannelWaters from Hydrodinamic Model

Authors

  • Kerenhapukh Emmanuella Grace Wattimena Brawijaya University
  • Fahreza Okta Setyawan
  • Muhammad Arif As'Adi

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.polusea.2023.001.02.3

Keywords:

Alur Pelayaran Barat Surabaya, Hidrodinamika, MIKE Zero, Tumpahan Minyak, Hydrodinamics, Oil Spill, West Surabaya Shipping Route

Abstract

Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) merupakan salah satu alur pelayaran penting di Indonesia letaknya ada di Selat Madura. Perairan dengan tingkat aktivitas kapal yang tinggi rentan terjadi tumpahan minyak dari aktivitas kapal maupun kecelakaan kapal. Salah satu upaya untuk mengetahui arah persebaran tumpahan minyak di perairan adalah dengan memodelkan tumpahan minyak menggunakan perangkat lunak, salah satunya adalah perangkat lunak MIKE Zero. Dari hasil pemodelan yang dilakukan, dapat dianalisis daerah mana saja yang terdampak jika terjadi tumpahan minyak di Perairan Selat Madura khususnya di APBS. Dari hasil pemodelan hidrodinamika, diketahui bahwa arus di wilayh APBS tergolong kecil dengan rata- rata arus pada setiap musim sebesar 0.06 m/s. Rata-rata arus tertinggi terdapat pada musim barat yaitu bulan Januari 2023. Dari hasil model tumpahan minyak selama 4 musim, Januari 2023 memiliki luasan tumpahan paling luas yaitu sebesar 847.089 m2 tepatnya pada 7 Januari 2023 atau 1 minggu pasca tumpahan dan dominan menyebar ke arah barat laut dan timur. Hasil simulasi menunjukkan bahwa pada keempat musim menunjukan bahwa tumpahan dominan bergerak ke barat laut dan tenggara dari titik tumpahan dan tidak ada yang mencapai ke pesisir dan hanya mencemari perairan saja. Pencemaran ini dapat menurunkan kualitas air dan dapat mengganggu kehidupan biota.

 

West Surabaya Shipping Route which is one of the most important shipping channels in Indonesia is located in Madura Strait. Waters with high levels of ship activity are prone to oil spills from ship activity or ship accidents. One effort to determine the direction of the spread of oil spills in waters is to model oil spills using software, one of which is MIKE Zero software. From the results of the modeling, it can be analyzed which areas will be affected if an oil spill occurs in the waters of Madura Strait, especially in West Surabaya Shipping Channel. From the results of hydrodynamic modeling, it is known that the current in the West Surabaya Shipping Channel is relatively small with an average current in each season is 0.06 m/s. The highest average flow is in the west season, on January 2023. From the results of the oil spill model for 4 seasons, January 2023, has the largest spill area, 847,089 m2, precisely on January 7 2023 or 1 week after the spill and is dominant spread to the northwest and east. The simulation results show that in the four seasons, the dominant spill moves to the northwest and southeast from the spill point and none reaches the coast and only pollutes the waters. This pollution can reduce water quality and disrupt biota life.

References

Abdulrohim, M. S. A., Widagdo, S., & Prasita, V. D. 2022. Distribusi Salinitas Dan Temperatur Permukaan Berdasarkan Angin Dan Arus Di Selat Madura. Jurnal Riset Kelautan Tropis (Journal Of Tropical Marine Research)(J-Tropimar), 4(1), pp. 1-15. https://doi.org/10.30649/jrkt.v4i1.64

Ahyadi, M. Y., Syarifudi, A. P., Khairunnisa, A. Z., Ximenes, J. D., & Hamdi, M. H. 2021. Analisis Dampak Oil Spill Di Teluk Balikpapan Terhadap Kehidupan Masyarakat Dalam Perspektif Hukum Dan Lingkungan. J. Bumi Lestari, 21, pp. 18-22.

APBS. 2022. https://www.ptapbs.com/map/. Diakses pada 7 Agustus 2023.

Halim, J. K., Herwindiati, D. E., & Hendryli, J. 2022. Penerapaan Gated Recurrent Unit Untuk Prediksi Zat Pencemar Udara. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 10(2). https://doi.org/10.24912/jiksi.v10i2.22540.

Ilham, M., Suhartanto, E., & Fidari, J. S. 2022. Analisis Hujan TRMM (Tropical Rainfall Measuring Mission) Menjadi Debit Dengan Metode FJ Mock Pada Das Bango. Jurnal Teknologi Dan Rekayasa Sumber Daya Air, 2(1), pp. 509-521.

Khomsin, K., & Ardi, M. M. (2018). Pemodelan Sebaran Tumpahan Minyak di Alur Pelayaran Barat Surabaya. Geoid, 12(2), pp. 190-194.

KKP. 2023. https://kkp.go.id/djprl/p4k/page/2626-tumpahan-minyak-oil-spill. Diakses pada 23 Agustus 2023

Ondara, K., Wisha, U. J., & Panjaitan, S. M. (2021). Particle Tracking Model Approach for Analyzing Crude Oil Spill (Palm Fatty Acid Distillate) in Bayur Bay Based on Navier Stokes Discrete. Buletin Oseanografi Marina Februari, 10(1), pp. 67-74.

Pertamina One Solution. 2023. https://onesolution.Pertamina.Com/Insight/Page/Mengenal_Lsfo_Bahan_Bakar_Kapal_Laut_Yang_Ramah_Lingkungan. Diakses Pada 1 Juli 2023.

Purwangka, F., & Mubarok, H. A. 2018. Komposisi Ikan Hasil Tangkapan Menggunakan Cantrang Di Selat Madura. Albacore Jurnal Penelitian Perikanan Laut, 2(2), pp. 239-252. https://doi.org/10.29244/core.2.2.239-252.

Saputro, A. A., Hidayah, Z., & Wirayuhanto, H. 2023. Pemodelan Dinamika Arus Permukaan Laut Alur Pelayaran Barat Surabaya. Jurnal Kelautan: Indonesian Journal Of Marine Science And Technology, 16(1), pp. 88-100. https://doi.org/10.21107/jk.v16i1.18269.

Wiranda, L., & Sadikin, M. 2019. Penerapan Long Short Term Memory Pada Data Time Series Untuk Memprediksi Penjualan Produk PT. Metiska Farma. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: Janapati, 8(3), pp.184-196. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i3.19139.

Yuwono, Y., Pratomo, D. G., & Al-Azhar, M. I. F. (2018). Analisis Posisi Kerangka Kapal Terhadap Keselamatan Alur Pelayaran Menggunakan Data Multibeam Echosounder (Studi Kasus: Alur Pelayaran Barat Surabaya). Geoid, 14(1), pp. 13-21. http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i1.3883.

APBS. 2023. https://www.ptapbs.com/en/node/201. Diakses pada 24 September 2023.

Downloads

Published

2023-12-09